Khofifah, Shoffatul Mardiyah, 185050056 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan skripsi full.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Sunda.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Pentingnya pendidikan matematika mengharuskan pembelajaran matematika diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, termasuk pada jenjang SMK. Salah satu tujuan pendidikan matematika di SMK sesuai dengan Permendikbud no.60 tahun 2014 adalah memahami konsep matematika. Selain itu, kemampuan afektif yaitu Self-efficacy sama pentingnya dengan kemampuan kognitif. Oleh karena itu pentingnya pemahaman konsep dan Self-efficacy dalam pemecahan masalah matematika . Namun, fakta dilapangan berdasarkan hasil wawancara dan penelitian sebelumnya terdapat penurunnya kemampuan pemahaman dan self-efficacy siswa akibat dari pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Problem posing berbantuan macromedia flash lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh problem based learning; self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Problem posing berbantuan media pembelajaran interaktif lebih baik daripada siswa yang memperoleh problem based learning; Korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy yang menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media pembelajaran interaktif. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 15 Bandung. Sampel diambil berdasarkan Purposing sampling dengan kelas X PH 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X PH I sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pretest dan posttest dan angket selfefficacy. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang memperoleh model pembelajaran problem posing berbantuan media pembelajaran interaktif lebih tinggi daripada yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembeljaran problem posing berbantuan media pembelajaran interaktif lebih baik daripada yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran problem posing berbantuan media pembelajaran interaktif. . Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep matematis, Self-efficacy, dan model pembelajaran problem posing,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 06:48 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60020 |
Actions (login required)
View Item |