KOMUNIKASI INTERPERSONAL SKILL MELALUI KEGIATAN CURHAT ANTAR-TEMAN

Asyifa Nur Fauziya, 182050106 (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SKILL MELALUI KEGIATAN CURHAT ANTAR-TEMAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Interpersonal Skill Melalui Kegiatan Curhat Antar-teman”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal skill yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai pendengar melalui kegiatan curhat antar-teman hingga bisa mendapatkan manfaat dari keterampilan yang dilakukan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi interpersonal dari Devito dengan efektivitas komunikasi interpersonal yang meliputi aspek: Keterbukaan, Empati, Sikap mendukung, Sikap Positif dan Kesetaraan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan empat informan inti pendengar dari kalangan mahasiswa Kota Bandung, satu informan akademisi dari dosen Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS, dan satu informan praktisi dari bidang psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek (keterbukaan) dibangun dengan cara sering melakukan interaksi sehingga melahirkan rasa kepercayaan antara pendengar dan temannya. (Empati) yang dimiliki pendengar mendorong mereka untuk menghargai keadaan temannya dan memperhatikan apa yang sedang didengarkan. (Sikap mendukung) disampaikan pendengar dengan cara menunjukkan ketersediaannya untuk mendengarkan curhat agar temannya merasa nyaman. (Sikap positif) disampaikan atas keinisiatifan pendengar dengan cara tidak memaksa teman, tidak memotong pembicaraan. (Kesetaraan) dibangun pendengar dengan menghargai kehadiran temannya dan pengalaman temannya dapat dipahami karena ada keterkaitan yang bisa menjadi pembelajaran untuk kehidupan pendengar. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, Interpersonal Skill, Pendengar, Curhat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:19
Last Modified: 25 Oct 2022 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59903

Actions (login required)

View Item View Item