ANUGRAH, DIDIK WAHYU, 185030126 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERORIENTASI PENOKOHAN DAN PLOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA (RINGKESAN).pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis cerpen merupakan pembelajaran yang mengedepankan keterampilan menulis. Menulis cerpen menjadi salah satu kegiatan yang tidak mudah dilakukan peserta didik, karena sulit untuk dapat merangkaikan ide-ide yang ada menjadi satu kesatuan yang utuh. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis cerpen berorientasi penokohan dan plot dengan menggunakan metode Mind Mapping; mengetahui kemampuan menulis cerpen peserta didik sebelum diterapkan metode Mind Mapping; mengetahui kemampuan menulis cerpen peserta didik sesudah diterapkan metode Mind Mapping; mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan metode Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Nonequivalent Control Group Pretes Postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan non tes (observasi, uji coba, studi pustaka, dokumentasi). Adapun hasil penelitiannya yakni, penulis mampu merencanakan pembelajaran menulis cerpen berorientasi penokohan dan plot dengan memperoleh nilai 3,9 yang termasuk kriteria sangat baik dan mampu melaksanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,9 yang termasuk kategori sangat baik. Kemampuan menulis cerpen peserta didik sebelum diterapkan metode Mind Mapping atau prates pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya 65 dan kelas kontrol 46 dan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen 81, kelas kontrol 74, jadi nilai rata-rata prates dan pascates kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji signifikasi dilakukan melalui Uji Wilcoxon Sig Rank 2-tailed diperoleh hasil nilai Sig 0,000, artinya jika nilai Sig < 0,05, maka terjadi peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan metode Mind Mapping. Kata Kunci: Cerpen, Eksperimen, Mind Mapping, Penokohan, Plot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 06:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59559 |
Actions (login required)
View Item |