PENERAPAN FLIPPED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA

NURFADILLAH, DWI ANDINI, 185040077 (2022) PENERAPAN FLIPPED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran abad 21 khususnya pada pembelajaran biologi menekankan peserta didik untuk dapat mengusai kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill) salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Berbagai upaya telah dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik diantaranya dengan pembelajaran terbalik (flipped learning). Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan flipped learning pada materi sistem indra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan jenis desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung dengan sampel kelas XI MIPA D yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 58,68 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,53 dengan nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh 0,52 dikategorikan sedang. Kemampuan berpikir kritis peserta didik secara keseluruhan signifikan pada taraf signifikasi alfa 0,05 dengan rata-rata nilai presentase 80,1%. Hal tersebut menunjukkan penerapan flipped learning melalui aktivitas belajar mandiri, kolaboratif, dan pemberian tugas LKPD dan peta konsep sebagai penguatan konsep efektif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis seperti menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan tentang suatu penjelasan atau tantangan, mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, mempertimbangkan kredibilitas sumber, membuat dedukasi dan mempertimbangkan hasil dedukasi, membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi, serta menentukan suatu tindakan pada materi sistem indra. Kata Kunci : Flipped Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Sistem indra.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:11
Last Modified: 22 Sep 2022 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59546

Actions (login required)

View Item View Item