MELINDA, ROSIANA, 185030090 (2022) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PUISI MODERN MENGGUNAKAN MEDIA ZINE PADA SISWA KELAS 8 MTS AR-ROHMAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Sampul.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Berbahasa Indonesia.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Berbahasa Inggris.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Berbahasa Sunda.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I_Rosiana Melinda_185030090.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II_Rosiana Melinda_185030090.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text
Bab III_Rosiana Melinda_185030090.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
Bab IV_Rosiana Melinda_185030090.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab V_Rosiana Melinda_185030090.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya efektivitas pembelajaran semenjak diterapkannya sistem PJJ moda daring pada masa pandemi Covid-19, rendahnya keterampilan siswa dalam memproduksi teks puisi modern, serta media Zine dengan semangat swakriya belum pernah digunakan guru bahasa Indonesia di kelas formal. Beberapa hal tersebut disebabkan oleh terbatasnya kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran, hilangnya kesempatan interaksi dua arah yang kondusif di tengah pembelajaran tatap maya, serta Zine belum marak digunakan di kelas formal, utamanya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dampaknya, siswa menjadi sulit memahami materi ajar, kehilangan proses kreatif, antusiasme, dan semangat belajar menulis kreatif sastra di kelas. Oleh karena itu, penulis menjadikan media Zine sebagai alternatif media pada pembelajaran memproduksi teks puisi modern di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas 8 dalam memproduksi teks puisi modern berdasarkan jenis dan unsur pembangun puisi. Selain itu, untuk menguji efektivitas penggunaan media Zine dalam pembelajaran memproduksi teks puisi modern dibandingkan dengan media kartu bergambar di kelas kontrol. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan kategori the nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Ar-Rohmah Bandung. Hasil penelitian yang penulis peroleh membuktikan bahwa penulis mampu melakukan pembelajaran memproduksi teks puisi modern menggunakan media Zine. Siswa mampu memproduksi teks puisi modern menggunakan media Zine. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen sebesar 59 menjadi 77 saat pascates (peningkatan sebesar 18%). Media Zine terbukti efektif dengan merujuk hasil uji paired sample t test yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media Zine dengan kelas kontrol yang menggunakan media kartu bergambar. Hal ini dapat ditinjau melalui hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,021 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa media Zine efektif dan terbukti signifikan untuk meningkatkan kemampuan memproduksi teks puisi modern siswa kelas 8 di MTs Ar-Rohmah Bandung. Kata Kunci: Memproduksi Teks, Teks Puisi Modern, Media Zine
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 07:50 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59296 |
Actions (login required)
View Item |