APRILIA, BELA, 185040104 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER_Skipsi Bela Aprilia-1.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_Skipsi Bela Aprilia-2.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
(Abstrak)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
(Bab I)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
(Bab II)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
(Bab III)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
(Bab IV)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
Text
(Bab V)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
Text
(Daftar Pustaka)_Skripsi Bela Aprilia.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Susukan Kabupaten Cirebon pada materi ekosistem dikarenakan jangkauan materi yang terlalu luas serta kurangnya visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen dan jenis desain pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi terdiri dari peserta didik kelas X di SMAN 1 Susukan Kabupaten Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas X MIPA 1 sebanyak 35 orang peserta didik dengan pertimbangan rata-rata peserta didik memiliki perangkat komputer/smartphone dan memiliki karakteristik belajar secara mandiri. Instrumen yang digunakan berupa tes yakni soal objektif (pilihan ganda) dengan 5 opsi sebanyak 20 butir soal untuk memperoleh data utama pada ranah kognitif yang berupa pretest dan posttest, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor sebagai data penunjang, serta non-tes yakni angket untuk memperoleh data penunjang berupa respon peserta didik. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil posttest dari pretest. Nilai rata-rata pretest yang didapat oleh peserta didik sebesar 36,4 lebih kecil daripada nilai rata-rata posttest yang diperoleh peserta didik yaitu sebesar 82,7. Kemudian untuk penilaian afektif diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5 dengan kategori sangat baik, dan untuk nilai rata-rata psikomotor diperoleh nilai rata-rata 86,9 dengan kategori sangat baik pula. Adapun respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites memberikan respon yang positif, ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 56,7% dengan respon sangat setuju. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi ekosistem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 1 Susukan Kabupaten Cirebon, sehingga dapat dikatakan bahwa Google Sites dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan. Kata Kunci: Hasil belajar, Google Sites, ekosistem
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:22 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 04:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58951 |
Actions (login required)
View Item |