PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 033 Asmi Bandung)

KURNIA, PUTRI HASNA SALBILLAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 033 Asmi sebanyak 145 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IV D sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV E sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Dilihat dari hasil uji effect size sebesar 0,74 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada hasil belajar peserta didik. Perbedaan dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 13,066 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,001 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik dan uji independent sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 3,079 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,003 (Sig. < 0,05) yang berarti dapart disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor post-test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:54
Last Modified: 08 Sep 2022 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58880

Actions (login required)

View Item View Item