Indriani,Serra, 185060005 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS IV DI SDN 031 PELESIRAN BANDUNG ( Deskriptif Kuantitatif Dengan Teknik Eksperimen ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
10.Bab II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Di dalam proses pembelajaran peserta didik yang dilihat masih kurang dan hasil belajar peserta didik masih rendah menjadi latar belakang dalam penelitian ini pembelajaran harus terdapat proses interaksi secara timbal balik antara guru dengan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 031 Pelesiran Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu menggunakan kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Desigh). Sampel penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A yang berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes awal dan tes akhir berbentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol selanjutnya diuji hipotesis dengan menggunakan rumus independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t-test diketahui bahwa pada nilai t hitung sebesar│3,012│> 2.079 t tabel dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0.004 (Sig. > 0.05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat adanya pengaruh secara signifikan pada skor posttest hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik tema 9 kayanya negeriku subtema 3 pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia di kelas IV SDN 031 Pelesiran Bandung. Kata kunci : Blended Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 06:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58856 |
Actions (login required)
View Item |