Rosmeni, Rosmeni (2022) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Kasus MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 6 BAB I.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 7 BAB II.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
FILE 8 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
Text
FILE 9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
||
Text
FILE 10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana menumbuhkan karakter toleransi dalam analisis Proses Pembelajaran PPKn di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren.Saat ini Karakter toleransi semakin melemah sehingga mengakibatkan terjadinya konflik dan perpecahan yang terjadi pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.dan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren yang sangat kuat dengan nilai-nilai keislamannya terkadang cenderung berpikir tertutup akan menerima pandangan dari luar lingkungan Pondok Pesantren,. dan tidak memperhatikan ilmu-ilmu umum,termasuk mata pelajaran PPKn . Sehingga dengan hal ini menjadikan latar belakang dalam penelitian ini.Adapun rumusan dalam masalah dalam penelitian ini adalah:bagaimana pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur,bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam mnumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-TafsiriKabupaten Cianjur,bagaimana peran dan dukungan dari Lembaga Pengurus Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-TafsiriKabupaten Cianjur,dan bagaimana hambatan dan solusi pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan karakter toleransi di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren MTS At-Tafsiri Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pendekatan menggunakan kualitatif, dan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan Kepala Madrasah, Pengurus, Pendidik PPKn dan Peserta didik (Santri).Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan karakter toleransi peserta didik sudah terbentuk dengan baik karena adanya sebuah pengintegrasian kurikulum Kepesantrenan dan Nasioinal terutama dalam hal saling menghargai dan menghormati satu sama lain diatas perbedaan yang ada sebagai upaya dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila sila ke-1 dan sila ke-3. Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Karakter Toleransi, dan Peserta didik (Santri).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:53 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58590 |
Actions (login required)
View Item |