Novitasari, NPM : 198060007 (2022) Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa dengan Blended Learning. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
198060007_MPM_NOVITASARI_ARTIKEL JURNAL TESIS.docx Download (39kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa untuk meingkatkan kualitas SDM serta peningkatan prestasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mneganalisis kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa yang menggunakan Blended Learning dan konvensional. Selain itu dianalisis korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa yang menggunakan Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian campuran tipe Embedded Design. Sampel penelitian ini 60 siswa kelas VII yang berasal dari dua kelas dengan 30 siswa kelas VII E sebagai kelas eskperimen dan 30 siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 5 Sumedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket motivasi belajar, serta lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Blended Learning tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh model Blended Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (3) tidak terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Motivasi Belajar Siswa, Blended Learning
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 08:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 08:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58346 |
Actions (login required)
View Item |