“PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA”

RATNA NINGSIH, 105060003 (2016) “PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER Skripsi.docx

Download (44kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (13kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Ratna Ningsih 105060003 Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SDN Ciwangi III Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut pada mata pelajaran IPA. Dalam penelitian ini peneliti mengambil materi Sifat-sifat Cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Objek yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ciwangi III dengan jumlah 28 orang 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa wawancara dengan guru, observasi aktivitas siswa, lembar kerja kelompok, lembar evaluasi hasil belajar siswa dan angket . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Sahre mangalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 35,71%, siklus II 67,85%, siklus III 85,71%. Nilai rata-rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I rata-rata sebesar 60,83 (kurang), pada siklus II nilai rata-rata sebasar 62,30 (cukup), pada siklus III nilai rata-rata 82,69 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipa Think Pair Share pada pembelajaran IPA dalam materi Sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran IPA pada materi Sifat-sifat cahaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jul 2016 15:25
Last Modified: 21 Jul 2016 15:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item