RATNA NINGSIH, 105060003 (2016) “PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER Skripsi.docx Download (44kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Download (13kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.docx Download (11kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (13kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (25kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAK Oleh Ratna Ningsih 105060003 Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SDN Ciwangi III Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut pada mata pelajaran IPA. Dalam penelitian ini peneliti mengambil materi Sifat-sifat Cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Objek yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ciwangi III dengan jumlah 28 orang 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa wawancara dengan guru, observasi aktivitas siswa, lembar kerja kelompok, lembar evaluasi hasil belajar siswa dan angket . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Sahre mangalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 35,71%, siklus II 67,85%, siklus III 85,71%. Nilai rata-rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I rata-rata sebesar 60,83 (kurang), pada siklus II nilai rata-rata sebasar 62,30 (cukup), pada siklus III nilai rata-rata 82,69 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipa Think Pair Share pada pembelajaran IPA dalam materi Sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran IPA pada materi Sifat-sifat cahaya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 15:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 15:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5823 |
Actions (login required)
View Item |