PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SKRIPSI

RISGINA SYALSYABILA A, 105060093 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SKRIPSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.rtf

Download (607kB)
[img] Text
surat pengesahan.docx

Download (19kB)
[img] Text
Motto dan persembahan.docx

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
abstark.docx

Download (19kB)
[img] Text
Abstrak B.inggris.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (20kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap kerjasama dalam kemampuan menganalisis untuk membuat kerajinan pada tema selalu berhemat energi subtema gaya dan gerak pembelajaran 4 dan 5 di kelas IV SD Negeri Pinggirsari I Kecamatan Kertsari Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Project Based Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya sikap kerjasama siswa terhadap proses pembelajaran hal tersebut terbukti dari masih banyaknya kekurangan dalam penguasaan kerja tim ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui kemampuan menganalisis, dan teknik non tes untuk mengetahui sikap kerjasama siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar alat penilaian sikap siswa dalam pembelajaran, lembar alat penilaian prestasi belajar siswa, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dalam meningkatkan kemampuan menganalisis. Hal tersebut dapat dilihat dari data awal respon siswa menunjukan presentase 50%, setelah melakukan penelitian siklus I sampai siklus II respon siswa terhadap kerjasama meningakat menjadi 100%. Sedangkan untuk kemampuan menganalisis mengalami peningkatan dari awalnya 28% meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap kerjasama dalam meningkatkan kemampuan menganalisis siswa. Hal ini disebabkan dalam model Project Based Learning, siswa membuat suatu karya kreatif/kerajinan yang berupa produk dalam pembelajaran siswa belajar langsung dengan praktek kerja nyata. Dengan demikian siswa akan merasa terdorong untuk memecahkan masalah dengan suatu projek melalui pengalaman pribadi yang menarik. Kata kunci: Project Based Learning, sikap kerjasama siswa, kemampuan menganalisis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Jul 2016 19:24
Last Modified: 20 Jul 2016 19:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item