PENGARUH GLOBALISASI MEDIA TERHADAP KEPEMILIKAN MEDIA TELEVISI DI INDONESIA

MULYATI 082030049, M (2016) PENGARUH GLOBALISASI MEDIA TERHADAP KEPEMILIKAN MEDIA TELEVISI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHANdLL.docx

Download (31kB)

Abstract

Televisi kabel yang telah akrab bagi kebanyakan orang Amerika, Kanada, dan Eropa, kini berkembang di sebagian besar negara lain. Ini salah satu pertanda dari adanya proses globalisasi media. Bukan hanya produk dari medianya saja. Melainkan menyebarnya juga nilai kapitalis. Terlihat dari kepemilikan media global oleh sekelompok media besar, sebut saja Time Warner, Disney, dan News Corporation. Mereka hampir menguasai industri media di seluruh dunia yang kepemilikannya mengglobal. Sama halnya terjadi di Indonesia dalam kepemilikan media televisi dimana kelompok korporat yang menguasainya. Korporasi media pertama adalah PT Media Nusantara Citra, Tbk (MNC) membawahi RCTI, MNC TV, dan Global TV. Kedua berada di bawah PT Bakrie Brothers membawahi ANTV dan TvOne. Kelompok ketiga adalah PT Trans Corpora membawahi Trans TV dan Trans 7. Keempat PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) membawahi SCTV dan Indosiar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh globalisasi media terhadap perkembangan media massa di Indonesia, bagaimana kepemilikan media televisi di Indonesia, serta bagaimana globalisasi media berpengaruh terhadap kepemilikan media televisi di Indonesia. Sedangkan manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan berguna untuk menambah khasanah pengembangan ilmu Hubungan Internasional, khususnya yang menyangkut ekonomi potitik internasional tentang media global. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena, dalam hal ini kepemilikan media televisi terestrial komersial di Indonesia yang kini dimiliki oleh segelintir korporat besar yang diteliti berdasarkan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan mencari data-data dari kepustakaan buku, informasi-informasi berdasarkan penelaahan literatur atau referensi baik yang bersumber artikel-artikel, majalah-majalah, surat kabar, jurnal, buletin-buletin, internet, maupun catatan-catatan penting mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti oleh penulis. Hasil dari penelitian ini adalah: Globalisasi media telah menyebarkan nilai kapitalis yang ditenggarai oleh media global. Sistem kepemilikan media global memberikan contoh atas kepemilikan media televisi di Indonesia yaitu terjadinya konglomerasi media. Kata Kunci: Globalisasi Media, Kepemilikan Media Televisi Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2012
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 18 Mar 2016 04:13
Last Modified: 19 Mar 2016 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item