STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA EKSISTENSI PT PIKIRAN RAKYAT DI BANDUNG

Putri Rizki Amany, 182050024 (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA EKSISTENSI PT PIKIRAN RAKYAT DI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Perusahaan ini telah berkiprah selama 56 tahun lamanya terhitung sejak pertama kali didirikan pada 24 Maret 1966 silam yang pada awal kemunculannya hadir dengan nama Harian Angkatan Bersenjata edisi Jawa Barat. Peneliti bermaksud membuat penelitian mengenai PT Pikiran Rakyat ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations PT Pikiran Rakyat dalam menjaga eksistensi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan studi deskriptif dan menggunakan teori empat langkah Public Relations menurut Cutlip, Center, dan Broom yang mana keempat langkah tersebut yaitu Fact Finding, Planning, Communicating, dan Evaluating sebagai tahapan yang dilakukan oleh seorang Public Relations. Data diperoleh melalui studi literatur dan studi lapangan, observasi dan wawancara mendalam kepada beberapa pihak (informan), baik dari internal PT Pikiran Rakyat, akademisi, dan konsumen wilayah Bandung. Adapun rancangan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh seorang Public Relations dalam menjaga eksistensi PT Pikiran Rakyat yaitu seputar bagaimana perusahaan berusaha berdaptasi dengan zaman yaitu transformasi dari cetak ke digital, sehingga mampu menghadirkan Pikiran Rakyat Multi Platforms Multi Service. Selain itu, perusahaan juga senantias menjaga hubungan baik dan membangun hubungan baru dengan public dengan menjadikan Pikiran Rakyat sebagai rumah untuk mereka. Poin yang paling penting ialah Pikiran Rakyat selalu menjaga marwahnya sebagai media yang kredibel di mata masyarakat. Kata Kunci: PT Pikiran Rakyat, Media, Strategi Public Relations

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:33
Last Modified: 22 Apr 2022 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56951

Actions (login required)

View Item View Item