ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TV SAUS SASA VERSI PESAN SAMBEL KO DAPET JODOH YA CUMA BISA DI JODOH RASA

Allika Nurfathul Jannah Seftiani, 172050167 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN TV SAUS SASA VERSI PESAN SAMBEL KO DAPET JODOH YA CUMA BISA DI JODOH RASA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan TV Saus Sasa Versi Pesan Sambel Ko Dapat Jodoh Ya Cuma Bisa Di Jodoh Rasa. Iklan ini merupakan hasil karya yang sangat unik dan menarik, karena menuangkan gagasan dalam bentuk gambar hidup dan disajikan sebagai hiburan yang layak dinikmati oleh masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih iklan sebagai subjek objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol￾simbol yang ditampilkan dalam iklan Saus Sasa Versi Pesan Sambel Ko Dapat Jodoh Ya Cuma Bisa Di Jodoh Rasa. yang ditayangkan di televisi. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotika Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbol-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori Semiotika Charles Sander Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif ke dalam bentuk paragraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukkan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin mencoba menyampaikan keunggulan dari sasa saus sambal melalui sebuah konsep cerita yang berhubungan dengan kehidupan generasi milenial. Dimana Sasa ingin mendoktrin masyarakat ketika kita sedang kumpul dan makan dengan pasangan. Teman yang pas saat makan dan ngemil adalah yaa sasa saus sambal. Kata Kunci: Analisis Somiotika, Iklan, Pesan dan Makna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:23
Last Modified: 04 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56598

Actions (login required)

View Item View Item