Muchamad Sugih Ramdan, 172050176 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN CADBURY DAIRY MILK DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Cadbury Dairy Milk Di Youtube” versi Raikan Kebaikan. Iklan Cadbury Dairy Milk merupakan sebuah iklan yang memuat tentang produk makanan cokelat yang diproduksi oleh perusahaan Mondelez. Iklan tersebut berdurasi 60 detik dan memilki alur cerita yang unik dan menyentuh. Alur cerita yang dibangun dalam iklan tersebut menceritakan potongan kehidupan keluarga antara aktivitas hubungan Ibu dan seorang anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana makna pesan dari setiap adegan dan ekspresi yang ditampilkan dalam iklan Cadbury Dairy Milk versi Raikan Kebaikan di Youtube. Pada penelitian ini makna diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama adalah denotasi yaitu sebuah makna yang dilihat secara langsung oleh pancaindra manusia , yang kedua adalah makna konotasi yaitu menelaah secaara emosional dan ditelaah melalui budaya yang berlaku saat ini, dan yang ketiga adalah mitos yaitu makna yang ingin bangun dari sebuah iklan. Selain untuk mengetaui makna pesan yang terkandung dari adegan dan eskpresi dalam iklan tersebut, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengatahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang ada dalam kehidupan nyata di masyarakat melalui iklan tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dengan pendekatan analisis model semiotika Roland Barthes. Teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Realitas Sosial dari Peter L. Berger dan Luckmann. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung dalam iklan tersebut bahwa pegambaran setiap adegan dan ekspresi yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada sikap tentang kebaikan dan ketulusan yang ada dalam diri manusia. Terdapat banyak pesan tersirat dalam iklan tersebut. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan ini memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwa untuk membahagiakan seseorang tidaklah dengan hal yang sulit, namun dengan hal yang sederhana kita dapat membahagikan seseorang yang kita sayangi dengan cara yang tulus. Dan tidak lupa bertimakasih kepada orang tua atas jasa dan kebaikanya dalam merawat seorang anak. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Iklan, Konstuksi Realitas Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56572 |
Actions (login required)
View Item |