EVALUASI KEBIJAKAN APLIKASI SAMBARA (SAMSAT MOBILE JAWA BARAT) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Dzihabuddin Syahrul Ihsan, 172010123 (2022) EVALUASI KEBIJAKAN APLIKASI SAMBARA (SAMSAT MOBILE JAWA BARAT) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

SAMBARA merupakan wujud dari digitalisasi pelayanan publik guna memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak. dalam pelaksanaannya belum optimal, karena sebagian masyarakat belum mengetahui dan menggunakan aplikasi SAMBARA, serta belum sepenuhnya inovasi tersebut tersebar secara menyeluruh di Jawa Barat, SOP dan juga dasar hukum khusus yang merujuk ke aplikasi SAMBARA ini tidak ada dan masih merujuk kepada dasar hukum yang menaungi semua aplikasi di BAPENDA yaitu tentang Pajak Daerah seperti SAMDONG, Samsat J’Bret, Samsat Corner, dan lain-lain. Penelitian ini memfokuskan terhadap Evaluasi Kebijakan Aplikasi SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai wujud inovasi pelayanan publik berupa aplikasi dalam mengoptimalkan terhadap pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan yang membantu dan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya. Selanjutnya, pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif Deskriptif yang digunakan untuk memahami isu atau permasalahan yang dapat berupa kejadian, kegiatan atau program. Serta dalam melakukan Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa evaluasi inovasi berbasis aplikasi Sambara yaitu melaksanakan fasilitas sistem aplikasi pendapatan dan juga pelayanan publik, yang menangani dan mengelola aplikasi SAMBARA tersebut melalui PLOPD (Pusat Layanan Operasional Pendapatan Daerah). Menambahkan dari hasil penelitian, aplikasi SAMBARA bermaksud untuk memangkas rantai birokrasi pelayanan publik, meningkatkan literasi pajak masyarakat. Selain itu, SAMBARA menghilangkan tahapan pemeriksaan berkas yang boros waktu, biaya, dan SDM. Aplikasi SAMBARA menggunakan teknologi berbiaya rendah dengan memanfaatkan tren meningkatnya penggunaan smartphone di masyarakat secara nasional yang memudahkannya diadopsi masyarakat. Sehingga hal ini selaras dengan tema inovasi pelayanan publik tahun 2020 yaitu, transfer pengetahuan untuk percepatan inovasi pelayanan publik dalam rangka mendukung terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan dan indonesia maju. Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Inovasi Kebijakan Berbasis Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Mar 2022 05:01
Last Modified: 15 Mar 2022 05:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56240

Actions (login required)

View Item View Item