PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 3 SUB TEMA PENTINGNYA MENJAGA ASUPAN MAKANAN SEHAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

Soraya, Sena, 135060313 (2022) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 3 SUB TEMA PENTINGNYA MENJAGA ASUPAN MAKANAN SEHAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER - ACC.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK -KOREKSI DONE(1).pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I - ACC.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II - ACC.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III - ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
16. BAB IV - ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V - ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas V-A masih banyak yang kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran tematik dalam subtema pentingnya menjaga asupan makanan sehat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa di kelas V-A SDN 2 Jayagiri Lembang. PTK dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang baik dibuktikan dengan pencapaian hasil rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh pencapaian sebesar 79,52% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 93,51%. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh pencapaian sebesar 73,86% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 88,63%. Sementara pada hasil penilaian rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,64 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,24. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 66,30 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 72,66. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning, hasil belajar dan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran subtema pentingnya menjaga asupan makanan sehat. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Rasa Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:55
Last Modified: 10 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56136

Actions (login required)

View Item View Item