ROSALINA , LENI, 175040019 (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS TPACK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan analisis merupakan kemampuan dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, dengan menguraikannya menjadi unsur-unsur serta menentukan keterkaitan antar unsur-unsur tersebut dalam struktur keseluruhan. Kemampuan analisis penting dimiliki peserta didik khususnya dalam pelajaran biologi yang sarat dengan konsep-konsep sistem yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas pembelajaran blended learning berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem saraf. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental design berbentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung dengan sampel kelas XI MIPA A yang diambil secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan blended learning berbasis TPACK dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi pokok sistem saraf (Gain rata-rata 34,00) dengan dominasi kategori peningkatan tinggi (84 % peserta didik) (0,73 ≤ N-Gainٌ ٌ ≤ 1,00). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menguasai kerangka pembelajaran TPACK agar lebih mudah penerapannya dalam pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Analisis, TPACK, dan Blended Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 04:42 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 04:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54453 |
Actions (login required)
View Item |