PENGARUHMODELPEMBELAJARANSYNECTICSTERHADAPHASIL BELAJARSISWAKELASXIIPAMATAPELAJARANBIOLOGI

MILLATIATIK, FASYANADA, 155040017 (2021) PENGARUHMODELPEMBELAJARANSYNECTICSTERHADAPHASIL BELAJARSISWAKELASXIIPAMATAPELAJARANBIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER JUDUL.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK(Indonesia, inggris, sunda).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Modelsynecticsadalahmodelyangberorientasipadapeningkatan kemampuanpemecahanmasalahdanpengembangankreativitassiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaran synecticsterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIPAmatapelajaranbiologi. Jaringanhewanadalahsekumpulanselyangsama,memilikifungsiyang samasertakumpulanjaringandapatmembentuksebuahorganhewan. MetodepenelitianyangdigunakanadalahTrue-ExperimentDesigndengan menggunakandesainpenelitianposttest-onlycontroldesign.Instrumen penelitianyangdigunakanadalahpretest-posttest.Analisisdatahasil penelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswasebelum menggunakan modelpembelajaransynecticspadakelaseksperimenmemilikirata-rata nilaipretestsebesar56,32dengannilaitertinggi90,00dannilaiterendah 35,00sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-ratanilaipritest65,68 dengannilaitertinggi87,00dannilaiterendahyaitu38,00.Sedangkan analisisdatahasilpenelitiansetelahmenggunakanmodelpembelajaran synecticsmemilikinilairata-rata post-testsebesar75,80 pada kelas eksperimendan71,04nilairata-ratapadakelaskontrol,dengannilai tertinggipadakelaseksperimenyaitu98,00dannilaiterendahyaitu50,00 sedangkanpadakelascontrolnilaitertinggi88dan nilaiterendah45. Berdasarkandatatersebutdapatmembuktikanbahwaadapeningkatan hasilbelajarsiswasetelahdiberiperlakuandenganmenggunakanmodel pembelajaran synecticspada kelaseksperimen pada materijaringan hewan.Berdasarkandatapretestdanposttestyangdiperolehdapatdilihat bagaimanaperbedaanpeningkatanhasilbelajarsiswasebelum diberi perlakukan dengan hasilbelajar siswa setelah diberiperlakukan menggunakan model pembelajaran synectics. Dari data tersebut menunjukkan rata-rata peningkatan hasilbelajarsiswa berada dalam kategorisedangdengannilaiN-Gainsebesar0,36terjadipadakelas eksperimen.Sedangakanpeningkatanhasilbelajaryangterjadipadakelas kontrolberadadalamkategorirendahdengannilaiN-Gainsebesar0,11. KataKunci:ModelSynectics,HasilBelajar,JaringanHewan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:48
Last Modified: 07 Dec 2021 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54431

Actions (login required)

View Item View Item