SUSANTI, VERA VEBRIYANA, 175060096 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kasus di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan gadget pada peserta didik di SDN Nanggewer, (2) mengetahui dampak dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, (3) mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan gadget di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Serta Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penggunaan gadget pada peserta didik di SDN Nanggewer dapat berpengaruh positif dan negatif tergantung peserta didik dalam menggunakan gadget. Dampak negatif penggunaan gadget peserta didik di SDN Nanggewer diantaranya peserta didik lebih suka bermain game online, media sosial dan aplikasi lain yang ada di gadget, peserta didik tidak disiplin dalam pengumpulan tugas, peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran Whatsapp Group, dan terlalu sering menggunakan gadget dapat mengganggu kesehatan mata. Maka dari itu, perlu adanya pe ngawasan dan pengarahan yang baik dari pendidik maupun orangtua. Adapun upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu pendidik memberikan dorongan kepada peserta didik dengan mengingatkan kembali tujuan awal yang ingin dicapai, pendidik dan orangtua berkolaborasi dalam melakukan pengawasan, cara mengajar pendidik dengan berbagai metode dan media pembelajaran yang menarik. Kata kunci: Gadget, Motivasi Belaja
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 07:36 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 07:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54229 |
Actions (login required)
View Item |