ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kasus di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka)

SUSANTI, VERA VEBRIYANA, 175060096 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kasus di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan gadget pada peserta didik di SDN Nanggewer, (2) mengetahui dampak dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, (3) mengetahui upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan gadget di SDN Nanggewer Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Serta Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penggunaan gadget pada peserta didik di SDN Nanggewer dapat berpengaruh positif dan negatif tergantung peserta didik dalam menggunakan gadget. Dampak negatif penggunaan gadget peserta didik di SDN Nanggewer diantaranya peserta didik lebih suka bermain game online, media sosial dan aplikasi lain yang ada di gadget, peserta didik tidak disiplin dalam pengumpulan tugas, peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran Whatsapp Group, dan terlalu sering menggunakan gadget dapat mengganggu kesehatan mata. Maka dari itu, perlu adanya pe ngawasan dan pengarahan yang baik dari pendidik maupun orangtua. Adapun upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu pendidik memberikan dorongan kepada peserta didik dengan mengingatkan kembali tujuan awal yang ingin dicapai, pendidik dan orangtua berkolaborasi dalam melakukan pengawasan, cara mengajar pendidik dengan berbagai metode dan media pembelajaran yang menarik. Kata kunci: Gadget, Motivasi Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:36
Last Modified: 15 Nov 2021 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54229

Actions (login required)

View Item View Item