BOBY H. J. LIMBONG, 162050314 (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGENAI PENCEGAHAN COVID-19 DI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
C. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
E. BAB 1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
D. ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
A. COVER.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
F. BAB 2.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
J. DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
K. LAMPIRAN.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Mengenai Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Bandung (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Diskominfobdgkab)” yang bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan akun instagram @diskominfobdgkab dalam upaya pencegahan COVID-19 di Kabupaten Bandung melalui lima tahap yakni: pelacakan & pemantauan, pendistribusian pesan, optimasi konten, engagement, dan pengukuran pencapaian. Subjek pada penelitian ini terdiri atas 6 orang yang dipilih secara purposif, sedangkan objeknya adalah pemanfaatan akun instagram @diskominfobdgkab dalam upaya pencegahan COVID-19 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, observasi dan studi literatur. Rancangan analisis data berdasarkan model interaktif Miles & Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajiann data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas dan tingkat kepercayaan hasil penelitian dilakukan melalui triangulasi sumber. Upaya untuk membuka akses dan menjalin hubungan dengan subjek penelitian dilakukan dengan menempatkan peneliti sebagai pengamat partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfo Kabupaten Bandung turut mempublikasikan dan juga memproduksi konten upaya pencegahan COVID-19 di Kabupaten Bandung dalam instagram @diskominfobdgkab dengan melakukan pelacakan dan pemantauan pada konten-konten yang ditujukan menyasar pada followers dan netizen (warganet) di Instagram. Pendistribusian pesan kemudian dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Instagram, tetapi optimasi konten belum dilakukan secara maksimal karena tidak adanya komunikator khusus, ambassador atau spoke person yang secara khusus menjadi sumber informasi utama dari informasi pencegahan COVID-19 di Kabupaten Bandung dalam instagram @diskominfobdgkab. Enggagement dengan followers dibangun melalui upaya penyediaan konten saja dengan minimnya interaksi, begitu pun dengan pengukuran pencapaian yang dilakukan dengan memanfaatkan fitur Instagram Insight dengan memperhatikan reach dan profile visit dan tidak menggunakan jasa atau tidak bekerjasama dengan pihak lain. Rekomendasi untuk penelitian ini yakni pihak Diskominfo dapat menjalin kerjasama dengan para pegiat media sosial yang popular di Kabupaten Bandung seperti selebgram, youtuber, tiktokers atau lainnya untuk membuka peluang eksposur publisitas yang lebih besar pada pesanpesan pencegahan COVID-19 di Instagram @diskominfobdgkab. Katakunci: Pemanfaatan media sosial, social media strategy wheel, New Media, Instagram, Diskominfo Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 07:15 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53501 |
Actions (login required)
View Item |