Febrianti, Firda, 175040020 (2021) PENERAPAN BAHAN AJAR ONLINE BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah pada siswa dapat diterapkan melalui sistem pembelajaran dengan berbasis masalah, sehingga siswa akan aktif dalam proses pembelajaran untuk dapat memecahkan masalah dari suatu materi pelajaran dan menemukan solusi sendiri dari permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas x dalam melatih memecahkan masalah pada konsep materi perubahan lingkungan dengan diterapkan bahan ajar online berbantuan power point interaktif. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Subjek pada penelitian adalah 30 siswa kelas X IPA di salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Data penelitian ini diperoleh melalui sebuah tes, angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kelas X IPA 1 pada materi perubahan lingkungan dengan menerapkan bahan ajar online berbantuan power point interaktif. Berdasarkan hasil tes rata-rata nilai siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 70,33 sedangkan setelah diberikan perlakuan rata-rata nilai siswa menjadi 93,5 dengan nilai n-gain yang dinormalisasikan sebesar 0,78 yang dikategorikan tinggi. Angket respon siswa sebagai intrumen pendukung penelitian didapatkan hasil rata-rata skor presentase sebesar 97,75% yang dikategorikan baik. Hasil analisis nilai untuk ketercapaian untuk indikator kemampuan memecahkan masalah yaitu: indikator mengidentifikasi masalah diperoleh 90%, indikator merumuskan masalah diperoleh 90%, indikator merumuskan hipotesis diperoleh 83%, dan indikator menarik kesimpulan diperoleh 86%. Bahan ajar online berbantuan power point interaktif konsep perubahan lingkungan berdasarkan hasil tes dan analisis ketercapaian indikator dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas x. Kata Kunci: Power point Interaktif, Konsep Perubahan Lingkungan, Kemampuan Memecahkan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 06:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53394 |
Actions (login required)
View Item |