ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENCAPAI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. NAWA VISI NUSANTARA

TASYA PERMATA YUNITA, 172040109 (2021) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENCAPAI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. NAWA VISI NUSANTARA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Lembar Pengesahan.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Kata Pengantar.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Tasya P - Bab 2.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

PT. Nawa Visi Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di industri kreatif dan berada pada kluster desain percetakan dengan buku tahunan sekolah sebagai produk utamanya. Permasalahan yang dihadapinya adalah menurunnya target konsumen pada tahun 2020 dan perubahan pola bekerja selama selama masa pandemi COVID-19. Hal ini menuntut perusahaan untuk bisa lebih optimal dalam pelaksanaan komunikasi pemasarannya. Tujuan utama penelitian ini menganalisis pelaksanaan komunikasi pemasaran dalam mencapai keputusan pembelian di PT. Nawa Visi Nusantara. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif sedangkan Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, serta wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 4 sarana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Nawa Factory yaitu advertising, sales promotion, personal selling, dan event marketing. Dalam menentukan keputusan pembelian, konsumen memutuskannya berdasarkan 7 komponen keputusan pembelian, yaitu jenis produk, bentuk produk, merk dagang, waktu dan tempat pembelian, jumlah produk, dan cara pembayaran. Untuk bisa memiliki komunikasi pemasaran yang tepat, ketujuh komponen keputusan pembelian harus dinyatakan dengan kuat didalamnya. Dalam melaksanakan komunikasi pemasaran terdapat 4 hambatan utama yang dirasakan oleh perusahaan ini, diantaranya adalah tidak efektifnya sarana pemasaran advertising dan event marketing, minimnya respon kontak, kurang terstrukturnya sistem customer service, dan permasalahan teknis ketika presentasi yaitu tidak stabilnya koneksi. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa usaha yang dilakukan Nawa Factory antara lain menambahkan media sosial baru untuk advertising, mengirimkan pesan yang bervariasi, memiliki sistem customer service yang terukur dan memaksimalkan sesi tanya jawab saat presentasi. Berdasarkan hambatan yang dirasakan oleh perusahaan, peneliti merekomendasikan agar perusahaan dapat mengaktivasi penggunaan sosial media yang lebih konsisten dan aktif, menggunakan fasilitas event sekolah dengan lebih aktif, mengadakan target dan penjadwalan follow up dalam sistem customer service, dan memberikan informasi lanjutan kepada konsumen setelah adanya presentasi. Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:37
Last Modified: 26 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53347

Actions (login required)

View Item View Item