DESY PUSPITASARI, 175050055 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Pengasahan_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
abstract inggris_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (836kB) | Preview |
|
Text
Bab 3_Desy Puspitasari 175050055.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text
Bab 4_ Desy Puspitasari 175050055.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
||
Text
Bab 5_ Desy Puspitasari 175050055.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka_Desy Puspitasari 175050055.pdf Download (398kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih relatif rendah. Salah satu model pembelajaran yang berpeluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yaitu model brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penerapan model brain based learning. (2) Menganalisis selfefficacy siswa pada penerapan model brain based learning. (3) Menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualtatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu induktif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat setelah penerapan model brain based learning bahkan pada beberapa penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran dengan model brain based learning lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Self-efficacy siswa meningkat setelah penerapan model brain based learning. (3) Self-efficacy mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa, semakin tinggi self-efficacy maka siswa akan semakin mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa begitupun sebaliknya. Tetapi walaupun begitu, self-efficacy bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-efficacy, brain based learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 04:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53311 |
Actions (login required)
View Item |