RELASI ILUSTRATOR DENGAN BAND BLACK METAL STUDI KASUS ATAS KOLABORASI ILUSTRATOR SEPTIAN FAJRIANTO DENGAN BAND SAMSAS TRAUM DALAM ILUSTRASI “ICH BIN DER ANTICRHIST, LUBECK WIRD BRENNEN DAN METAMORPHOSIS”. Fendi Kurniawan :156010003

Fendi Kurniawan, DR. H. Wawan Setiawan,. S.Sos., M.Sn. (2021) RELASI ILUSTRATOR DENGAN BAND BLACK METAL STUDI KASUS ATAS KOLABORASI ILUSTRATOR SEPTIAN FAJRIANTO DENGAN BAND SAMSAS TRAUM DALAM ILUSTRASI “ICH BIN DER ANTICRHIST, LUBECK WIRD BRENNEN DAN METAMORPHOSIS”. Fendi Kurniawan :156010003. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
01 halaman judul.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 halaman pengesahan abtrak katpeng ucapan persetujuan publikasi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Fenomena hubungan antara profesi ilustrator dengan band-band di Indonesia sudah menjadi hal yang patut untuk diperhitungkan, saat ini sudah menjadi hal lumrah seorang berprofesi sebagai ilustrator untuk menggarap cover art, merchandise, artwork atau visual lain yang berkaitan dengan kebutuhan dari band tersebut. Tak jarang ilustrator asal Indonesia dipercaya menjadi kreator visual bagi band asal luar negeri, fenomena tersebut juga didukung oleh pengaruh besar perkembangan teknologi yang sangat pesat. Septian Fajrianto seorang yang secara profesional menggeluti bidang ilustrasi sebagai profesinya menjadi objek dalam pembahasan dan objek penelitian utama untuk mengetahui fenomena secara struktural Relasi dengan salah satu pengguna atau konsumen dari ilustrasi yang dihasilkannya yaitu band Symphonic Black Metal asal Jerman bernama Samsas Traum. Data dan fakta lapangan yang penulis dapat baik melalui observasi langsung, wawancara dengan ilustrator sebagai narasumber utama juga keterangan secara deskriptif mengenai band Samsas Traum hasil studi literatur berupa sejarah mengenai band, keterangan dari Alexander Kaschte yang merupakan pentolan dari band tersebut yang dimediasi melalui pihak Septian Fajrianto. Penulis akan berfokus pada hal apa saja yang kaitannya dengan Relasi antara Septian Fajrianto dengan band Samsas Traum yang tertuang dalam tiga sampel ilustrasi berjudul “Ich bin der Antichrist, Metamorphosis dan Lubeck wird brennen”. Analisis visual dengan mencari tanda-tanda didalamnya dengan menggunakan ilmu semiotika Roland Barthes, mengidentifikasi pola kerja melalui ilustrasi yang dihasilkan secara kolaboratif guna dipetakan makna, proses dan penciptaannya oleh penulis guna ditarik kesimpulan bahwa terdapat akulturasi yang saling mempengaruhi dari refrensi Septian Fajrianto dan prefrensi Samsas Traum yang membangun citra baru. Kata Kunci: Ilustrator, band Black metal, Akulturasi, Relasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Oct 2021 02:39
Last Modified: 23 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53284

Actions (login required)

View Item View Item