PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Namira Ramadhanti, 172010027 (2021) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Namira Ramadhanti_172010027.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penerapan prinsip-prinsip good governance sedang menjadi acuan dalam mencari perbaikan birokrasi yang sesuai dengan tuntutan reformasi. Tujuan utama dari penerapan good governance yaitu mewujudkan keinginan masyarakat dalam mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauhmana Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance pada Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Dalam laporan hasil penelitian akan dibahas mengenai penerapan prinsip-prinsip good governance di bidang pelayanan pendaftaran penduduk, hambatan yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi tolok ukur pada penerapan prinsip-prinsip good governance adalah teori UNDP yaitu partisipasi masyarakat, tegaknya supremasi hukum, transparansi, kesetaraan, efektivitas dan efisiensi. Pihak￾pihak yang menjadi informan yaitu Kepala Bidang Sub Perencanaan, Analis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Staff Seksi Identitas Penduduk. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung telah menerapkan prinsip-prinsip good governance dengan baik tetapi belum maksimal disebabkan kurangnya pegawai dalam pemberian pelayanan pada masyarakat sehingga mengalami keterlambatan dalam penyelesaiannya serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai tata cara pembuatan dokumen kependudukan. Kata Kunci: Pelayanan, Good Governance, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:24
Last Modified: 21 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53253

Actions (login required)

View Item View Item