ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

MEGA LESTARI, 175060119 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b.inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pustaka tentang penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yang dilakukan secara komparatif, deduktif, induktif dan interpretatif. Dalam hal ini untuk meningkatkan pembelajaran diperlukan nya peran aktif siswa dan guru. keterlibatan peran aktif siswa dan guru sangat berpengaruh dalam efektivitas pembelajaran. Peran siswa dan guru tersebut agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, memerlukan suatu model pembelajaran yang menekankan adanya pembelajaran aktif meliputi pemecahan masalah, kegiatan diskusi, kegiatan investigasi dan kerja tim. Salah satu model pembelajaran yang memfokuskan pada pembelajaran pemecahan masalah, kegiatan diskusi, kegiatan investigasi dan kerja tim salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran berdasarkan permasalahan dunia nyata untuk dicarikan solusinya oleh siswa. Setelah guru melaksanakan peran dalam proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning diharapkan muncul kemampuan berpikir kritis pada siswa, meliputi menganalisis argumen, membuat kesimpulan, mampu menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, keterampilan mengevaluasi dan menilai hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning rata-rata mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena terlaksananya aspek-aspek aktivitas guru dan siswa dikategorikan lebih aktif dalam pembelajarannya. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:59
Last Modified: 21 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53226

Actions (login required)

View Item View Item