DIAN ISLAMIATI RAHMAN, 175060039 (2021) ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP DI SDN 2 WANAKERTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK inggris.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK sunda.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III Metode Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
11. BAB IV Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
12. BAB V Simpulan.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Penelitian skripsi ini membahas tentang analisis keefektifan pembelajaran menggunakan WhatsApp Group, dimana penelitian ini dibuat berdasarkan kejadian pandemi covid-19 yang menjadikan semua sistem pembelajaran menjadi daring (serba online). Akibat adanya pandemi covid-19, mau tidak mau pembelajaran harus tetap berjalan dengan semestinya, pembelajaran daring ini dapat berlangsung dengan menggunakan aplikasi whatsapp, dimana aplikasi whatsapp ini menjadi jalan alternatif semua guru agar tetap dapat menyampaikan materi pelajaran, tetapi disamping itu terdapat banyak keluhan yang terjadi disaat pembelajaran menggunakan whatsapp group. Adapun Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring, dan efektivita pembelajaran daring dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Wanakerta. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD, orangtua siswa, dan 1 guru Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 47 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan WAG, penelitian ini menggunakan indikator efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WAG dalam pembelajaran daring kurang efektif. Dengan data hasil observasi menunjukan jumlah skor 38, dengan persentase 47, 5%, kuisioner kepada siswa menunjukan persentase 79,8% dan kuisioner orangtua siswa mendapatkan persentase sebesar 83% dan wawancara yang dihasilkan dari guru kelas V SDN 2 Wanakerta terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya yaitu 1) kurang efektif dalam pemberian materi 2) Kerjasama orangtua yang kurang 3) siswa kurang paham materi pelajaran 4) siswa yang merasa jenuh dan bosan 5) tujuan pembelajaran tidak tercapai. Kata Kunci : Pembelajaran daring, WhatsApp Group, SDN 2 Wanakerta
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 08:28 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53211 |
Actions (login required)
View Item |