HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMANFAATKAN SUMBER DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA COVID-19 DI KOTA BANDUNG

Ayu Pratiwi, 172020020 (2021) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMANFAATKAN SUMBER DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA COVID-19 DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Kemampuan memanfaatkan sumber adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh seorang individu untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapannya melalui sumber yang ada sehingga dapat menjalankan tugas dan peran sesuai dengan tuntutan lingkungannya. Kebijakan metode pembelajaran jarak jauh yang diberlakukan secara mendadak seiring meningkatkan kasus Covid-19 di Indonesia, yang mengharuskan mahasiswa memanfaatkan sumber untuk mendukung proses penyesuaian diri dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan memanfaatkan sumber dengan penyesuaian diri mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa Covid-19 di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif cenderung analisis. Responden penelitian ini adalah mahasiswa aktif tingkat 3 yang berkuliah di Kota Bandung berjumlah 61 orang. Alat ukur penelitian menggunakan skala ordinal. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling karena populasi yang tak terhingga. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji statistik non parametik yaitu uji rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan atau korelasi yang cukup erat dan searah mengenai kemampuan memanfaatkan sumber dengan penyesuaian diri mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh sebesar (39,7%), pengujian keberatian korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang berarti dan searah serta signifikan dengan nilai korelasi (0,397). Dari penelitian dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan apabila kemampuan memanfaatkan sumber tinggi maka akan terbentuk penyesuaian diri mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh yang tinggi pula. Pembelajaran jarak jauh terbagi menjadi perkuliahan asinkron dan sinkron, dalam aktivitas belajarnya diharapkan kerjasama yang baik antara mahasiswa serta pihak fakultas agar pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan baik. Kata kunci: Kemampuan Memanfaatkan Sumber, Penyesuaian diri, Pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:06
Last Modified: 19 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53209

Actions (login required)

View Item View Item