INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Yayu Purwanti, 172010036 (2021) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SELESAI DALAM GENGGAMAN (SALAMAN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia Bahasa Inggris.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Administrasi kependudukan merupakan suatu kebutuhan publik yang sangat mendasar, maka dari itu publik berhak mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah. Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung membuat suatu inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Selesai Dalam Genggaman (SALAMAN) dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, sehingga melalui inovasi tersebut diharapkan dapat mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien sesuai dengan harapan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Inovasi Pelayanan Publik melalui aplikasi Selesai Dalam Genggaman (SALAMAN), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengukur sejauh mana inovasi pelayanan publik yang diterapkan peneliti menggunakan teori atribut inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dalam Ladiatno (2013:9) yang meliputi dimensi: Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Selesai Dalam Genggaman sudah berjalan baik, dan sudah dapat meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. namun disamping keberhasilan tersebut, pelayanan administrasi kependudukan secara online mengalami hambatan dikarenakan pola pikir sebagian masyarakat yang menganggap bahwa pelayanan secara offline dapat memberikan informasi yang lebih jelas, selain itu hambatan bersal dari jaringan yang tidak stabil jika banyak pengguna dari masyarakat, sehingga menghambat pelayanan administrasi kependudukan secara online. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Aplikasi SALAMAN

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:16
Last Modified: 18 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53170

Actions (login required)

View Item View Item