ANALISIS ISI DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM NASKAH DRAMA DAG DIG DUG KARYA PUTU WIJAYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI SMK

AULIA ALFIYYAH FITRIANI, 175030023 (2021) ANALISIS ISI DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM NASKAH DRAMA DAG DIG DUG KARYA PUTU WIJAYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Naskah drama disebut juga sastra lakon, sebagai salah satu genre sastra.Wujud fisik sebuah naskah drama adalah dialog atau ragam tutur. Mengajarkan manusia akan problema kehidupan berupa moral, watak atau karakter, konflik, dan segala aspek kehidupan lainnya kepada manusia. Pada bagian ini, penulis melakukan penelitian Analisis Isi dan Kaidah Kebahasaan Berfokus pada Penokohan, Waktu, Tempat, Alur, Amanat, Kata Kerja, Kata Sifat, Kata Ganti, Kata Sapaan, dan Penggunaan Kosa Kata Sehari-hari dalam Naskah Drama Dag Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Berikut penulis mengajukan beberapa fokus permasalahan (1) Bagaimana analisis isi dalam naskah drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya?; (2) Bagaimana analisis kaidah kebahasaan naskah drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya?; (3) Bagaimana pemanfaatan hasil analisis isi dan kaidah kebahasaan dalam naskah drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya. Dari hasil penelitian ini didapat simpulkan (1) Naskah Drama Dag Dig Dug yang berisi penokohan, waktu, tempat, alur, dan amanat; (2) Kaidah kebahasaan yang terdapat pada naskah drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya yaitu kata sifat, kata ganti, kata sapaan, dan penggunaan kosa kata sehari-hari; (3) Bahan ajar Analisis Isi dan Kaidah Kebahasaan, dalam Naskah Drama Dag Dig Dug Karya Putu Wijaya sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI yang dirancang penulis dan dinilai oleh validator dinyatakan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa indonesia kelas XI, dengan kriteria rata-rata skor 87.3 “Sangat Baik/Baik.” Kata Kunci : Pengertian naskah drama, Analisis isi dan kaidah kebahasaan, Bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:56
Last Modified: 16 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53143

Actions (login required)

View Item View Item