Octaviani, Zellia Nur (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (SURVEI PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA PASUNDAN 2 BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
||
Text
17. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Pasundan 2 Bandung dengan jumlah siswa 35 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan skala likert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengenai pengaruh kedisiplinan dan gaya belajar dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Pasundan 2 Bandung sebagai berikut: (1) kedisiplinan siswa pada indikator disiplin belajar menunjukkan terletak pada daerah kontinum “tinggi” antara interval 1.284- 1.750. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa dapat dikatakan sudah optimal. (2) Gaya belajar siswa cenderung pada gaya belajar visual, dengan ratarata bobot skor 3,29. (3) Hasil belajar siswa dikatakan belum optimal karena hanya terdapat 3 orang atau sekitar 9% siswa yang dikatakan tuntas dan 32 orang atau sekitar 91% dikatakan belum tuntas pada nilai uas mata pelajaran ekonomi. (4) Besar pengaruh kedisiplinan dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,8% hal ini dibuktikan dari R square sebesar 0,28. Hal ini menunjukan bahwa kedisiplinan dan gaya belajar memberikan kontribusi sebesar 2,8% terhadap hasil belajar siswa, sementara 97,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada (1) sekolah, lebih memfasilitasi guru dan siswa dalam pembelajaran (2) bagi guru, menciptakan suasana proses pembelajaran yang lebih bervariasi. (3) bagi siswa, sebaiknya siswa lebih aktif berpartisipasi dan lebih memperhatikan materi yang diberikan guru khususnya dalam mata pelajaran ekonomi. (4) bagi peneliti selanjutnya, menyarankan agar dilakukan penelitian sejenis untuk mengetahui faktor-fakor di luar kedisiplinan dan gaya belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 07:10 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53108 |
Actions (login required)
View Item |