ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X

ANISYA DEVI YULIANA, 175030019 (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan dan menyesuaikan hasil analisis kesalahan ejaan dalam teks laporan hasil observasi sehingga dapat dijadikan alternatif bahan ajar di kelas X SMAN 9 Bandung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data berbentuk teks laporan hasil observasi karya peserta didik kelas X SMAN 9 Bandung, buku sumber, dan referensi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kajian pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi karya peserta didik kelas X SMAN 9 Bandung diperoleh sebanyak 469 kasus kesalahan, yakni: kesalahan pemakaian huruf sebanyak 108 kasus kesalahan atau sebesar 27%, kesalahan penulisan kata sebanyak 166 kasus kesalahan atau sebesar 41,5%, kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 185 kesalahan atau sebesar 46,25%, dan kesalahan penulisan unsur serapan sebanyak 10 kasus kesalahan atau sebesar 2,5%. Kesalahan tersebut didominasi oleh kasus kesalahan pemakaian tanda baca koma (,) dan huruf kapital. Temuan ini menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mengetahui aturan-aturan dalam penulisan. Oleh karena itu, peneliti membuat bahan ajar yang sesuai dengan kondisi yang terjadi dan memasukkan data hasil analisis kesalahan ejaan pada bagian pembahasannya sehingga peserta didik dapat lebih memperhatikan kaidah kebahasaan yang berlaku. Bahan ajar yang dibuat telah divalidasi oleh tiga Guru Bahasa Indonesia di lokasi penelitian. Nilai yang diperoleh dari ketiga Guru Bahasa Indonesia tersebut adalah 97, 90, dan 80 sehingga masuk dalam kategori layak untuk dijadikan alternatif bahan ajar peserta didik SMA kelas X. Kata kunci: Analisis, Kesalahan Ejaan, Teks Laporan Hasil Observasi, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:45
Last Modified: 13 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53101

Actions (login required)

View Item View Item