Citra Lestari, 175030007 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINATIF MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VII SMP INOVATIF AL-IBDA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Cerita Imajinatif Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Gambar Ilustrasi Pada Siswa kelas VII SMP INOVATIF AL-IBDA” ini, ditulis oleh Citra Lestari dengan Nomor Induk Mahasiswa 175030007 dibimbing oleh ibu Dr. Any Budiarti, M.Hum., dan Lili Sadeli, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul pada peserta didik SMP INOVATIF AL-IBDA, kurangnya keinginan mereka untuk menulis teks cerita imajinatif dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang ada. Kebanyakan peserta didik hanya menyalin dan melihat saja tanpa dimengerti. Maka dari itu penulis memiliki tujuan untuk mengembangkan kembali cara atau pola pikir yang ada pada peserta didik dengan membangun semangat juga kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode sugestiimajinasi berbantuan media gambar ilustrasi, dengan harapan peserta didik bisa mengikutinya. Metode penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah eksperimen, populasi dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VII SMP INOVATIF AL-IBDA. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks cerita imajinasi dengan nilai perencanaan 3,3 dan nilai pelaksanaan 3,8. 2) Kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita imajinasi sangat meningkat terbukti pada penilaian hasil pretest 46,4 dan nilai hasil postest 86,9. 3) Maka dapat dikatakan metode sugesti-imajinasi dengan media gambar ilustrasi sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran menulis teks cerita imajinatif. Kata Kunci : Menulis, Teks imajinatif, metode sugesti-imajinasi, dan media gambar ilustrasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 04:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53095 |
Actions (login required)
View Item |