PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Survei Pada Kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi Mata Pelajaran Ekonomi)

NAFISATUL FITRI NURAFIFAH, 175020112 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Survei Pada Kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER NAFISATUL.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK NAFISATUL.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.ABSTRACT NAFISATUL.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.RINGKESAN NAFISATUL.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.BAB I NAFISATUL.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.BAB II NAFISATUL.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
17.BAB III NAFISATUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
18.BAB IV NAFISATUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
19.BAB V NAFISATUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
20.DAFTAR PUSTAKA NAFISATUL.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran kemandirian belajar siswa (ii) gambaran gaya belajar siswa (iii) gambaran hasil belajar siswa (iv) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif (v) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif (vi) pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi pada mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi. Sampel penelitian ditentukan menggunkan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (i) kemandirian belajar siswa dinilai baik dengan rata-rata sebesar 3,78 (ii) gaya belajar siswa dinilai baik dengan rata-rata sebesar 3,49 (iii) hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi termasuk kategori cukup dengan rata-rata sebesar 81 (iv) adanya pengaruh sebesar 69,02% antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan analisis statistik t hitung > t tabel (13,482 > 1,668) (v) gaya belajar mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa sebesar 14,24% dengan analisis statistik t hitung > t tabel (3,819 > 1,668) (vi) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar secara simultan terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 83,3% dengan analisis statistik F hitung > F tabel (184,266 > 4,90). Pada akhir penelitian penulis menyarankan untuk: (i) siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pengetahuan mengenai gaya belajar yang sesuai (ii) orang tua untuk melatih kemandirian anak sedini mungkin (iii) guru untuk menciptakan pembelajaran aktif dan memperhatikan gaya belajar seluruh siswa (iv) sekolah untuk mengontrol cara mengajar guru dan progres belajar siswa (v) penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam lagi sumber dan referensi yang berkaitan dengan penelitian agar penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:49
Last Modified: 12 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53059

Actions (login required)

View Item View Item