NAFISATUL FITRI NURAFIFAH, 175020112 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Survei Pada Kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi Mata Pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER NAFISATUL.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK NAFISATUL.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8.ABSTRACT NAFISATUL.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
9.RINGKESAN NAFISATUL.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
15.BAB I NAFISATUL.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
16.BAB II NAFISATUL.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
17.BAB III NAFISATUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text
18.BAB IV NAFISATUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
Text
19.BAB V NAFISATUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
20.DAFTAR PUSTAKA NAFISATUL.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran kemandirian belajar siswa (ii) gambaran gaya belajar siswa (iii) gambaran hasil belajar siswa (iv) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif (v) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif (vi) pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi pada mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 2 Cimahi. Sampel penelitian ditentukan menggunkan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (i) kemandirian belajar siswa dinilai baik dengan rata-rata sebesar 3,78 (ii) gaya belajar siswa dinilai baik dengan rata-rata sebesar 3,49 (iii) hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi termasuk kategori cukup dengan rata-rata sebesar 81 (iv) adanya pengaruh sebesar 69,02% antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan analisis statistik t hitung > t tabel (13,482 > 1,668) (v) gaya belajar mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa sebesar 14,24% dengan analisis statistik t hitung > t tabel (3,819 > 1,668) (vi) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar secara simultan terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 83,3% dengan analisis statistik F hitung > F tabel (184,266 > 4,90). Pada akhir penelitian penulis menyarankan untuk: (i) siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pengetahuan mengenai gaya belajar yang sesuai (ii) orang tua untuk melatih kemandirian anak sedini mungkin (iii) guru untuk menciptakan pembelajaran aktif dan memperhatikan gaya belajar seluruh siswa (iv) sekolah untuk mengontrol cara mengajar guru dan progres belajar siswa (v) penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam lagi sumber dan referensi yang berkaitan dengan penelitian agar penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53059 |
Actions (login required)
View Item |