Mellani Ayu Suryanti, 175060092 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTACK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berfikir kritis peserta didik yang rendah akibat pengguna model pembelajaran yang kurang optimal. Sehingga dalam proses pembelajar peserta didik kurang antusias, kurang termotivasi, dan kurang berminat untuk mengikuti pembelajar. Salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian peneliti untuk dianalisis yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sebab, banyak keunggulan dan keunikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memiliki nilai positif dan dapat dijadikan sebagai model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai pengguna model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model belajar berpikir kritis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji berbagai sastiatur seperi buku, majalah, jurnal dan artikel ilmiah mengenai bahasa y teknik pengumpul data dalam penelitian kepustakaan ini yaitu menggunakan teknik dokumusasi. Berdasarkan hasil dari penelitian kepustakaan (riset perpustakaan) ini dapat disimpulkan bahwa pengguna model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil hal tersebut dibuktikan dari berbagai nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas tinggi dan kelas rendah melalui berbagai jurnal yang diteliti. Hal tersebut menybutkan bahwa sebagian besar hasil berpikir kritis peserta didik meningkat dan secara signifikan berada pala kategori tinggi tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa berikir kritis peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran memiliki pengaruh yang positif. Kata Kunci: Model pembelajaran, Berpikir kritis, Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53049 |
Actions (login required)
View Item |