ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Mellani Ayu Suryanti, 175060092 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTACK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berfikir kritis peserta didik yang rendah akibat pengguna model pembelajaran yang kurang optimal. Sehingga dalam proses pembelajar peserta didik kurang antusias, kurang termotivasi, dan kurang berminat untuk mengikuti pembelajar. Salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian peneliti untuk dianalisis yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sebab, banyak keunggulan dan keunikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memiliki nilai positif dan dapat dijadikan sebagai model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai pengguna model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model belajar berpikir kritis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji berbagai sastiatur seperi buku, majalah, jurnal dan artikel ilmiah mengenai bahasa y teknik pengumpul data dalam penelitian kepustakaan ini yaitu menggunakan teknik dokumusasi. Berdasarkan hasil dari penelitian kepustakaan (riset perpustakaan) ini dapat disimpulkan bahwa pengguna model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil hal tersebut dibuktikan dari berbagai nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas tinggi dan kelas rendah melalui berbagai jurnal yang diteliti. Hal tersebut menybutkan bahwa sebagian besar hasil berpikir kritis peserta didik meningkat dan secara signifikan berada pala kategori tinggi tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa berikir kritis peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran memiliki pengaruh yang positif. Kata Kunci: Model pembelajaran, Berpikir kritis, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:28
Last Modified: 12 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53049

Actions (login required)

View Item View Item