SHAMIA NUR SHIVA, 175020031 (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survei Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung Pada Materi Inflasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Bahasa Indonesia Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Inggris Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
10. Abstrak Bahasa Sunda Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
Text
18. BAB IV Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
Text
19. BAB V Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
20. Daftar Pustaka Shamia Nur Shiva 175020031.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui literasi digital peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung pada pembelajaran ekonomi; (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung pada pembelajaran ekonomi; (3) Mengetahui pengaruh literasi digital pada pembelajaran ekonomi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara, serta teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 24 for windows dan Microsoft Excel 2010. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung pada mata pelajaran ekonomi sub materi inflasi”. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Literasi digital peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sub materi inflasi kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung dikategorikan baik dengan skor 3,85 dan persentase 77%; (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sub materi inflasi kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung dikategorikan baik dengan skor 3,93 dan persentase 79%; (3) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sub materi inflasi kelas XI IPS SMA Negeri 20 Bandung sebesar 57,5%. Penulis menyarankan kepada pihak terkait: (1) Bagi guru diharapkan dapat melakukan kegiatan literasi digital untuk memudahkan peserta didik dalam mencari berbagai sumber referensi belajar; (2) Bagi peserta didik diharapkan mampu memanfaatkan kegiatan literasi digital karena akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (3) Bagi sekolah diharapkan kegiatan literasi digital dijadikan sebagai kebiasaan baru guna mewujudkan peserta didik yang berbudaya literate; dan (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian yang dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik. Kata Kunci: Literasi Digital, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:47 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53042 |
Actions (login required)
View Item |