PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

NANI RESNAWATI, 175060011 (2021) PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi Nani Resnawati 175060011.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Lembar pengesahan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian studi literatur yaitu menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah hasil belajar matematika yang rendah pada peserta didik di Sekolah Dasar. Untuk membahas rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika melalui model tutor sebaya pada peserta didik Sekolah Dasar, hipotesis penelitian berbunyi: “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”. Untuk membahas perumusan masalah tersebut, dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data: editing, organizing, finding. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal tentang pembelajaran menggunakan model tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik sebanyak 68,8% menyatakan bahwa model pembelajaran tutor sebaya sangat efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran. Peserta didik mendapatkan skor hasil belajar TIK rata-rata sebesar 78,53 karena belajar menggunakan model tutor sebaya. Nilai Matematika peserta didik mengalami peningkatan dalam hal ketuntasan belajar yang meningkat sebesar 14,3% karena menggunakan model tutor sebaya. Kelas yang menggunakan model tutor sebaya mendapatkan pengaruh baik terhadap hasil belajar. Model tutor sebaya memberikan pengaruh yang baik terhadap nilai Teknologi Mekanik sebesar 82,7%. Model tutor sebaya mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika sebesar 16,8%. Model tutor sebaya memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Kata Kunci: model tutor sebaya, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:25
Last Modified: 21 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53036

Actions (login required)

View Item View Item