MINGGA RATIH, 175030033 (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS ANEKDOT HASIL KARYA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN MINGGA-175030033.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah menganalisis kesalahan ejaan dalam teks anekdot hasil karya siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam teks anekdot hasil karya siswa kelasX SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa teks hasil karya siswa. Kesalahan kalimat di analisis berdasarkan kesalahan ejaan menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung terdapat lima jenis kesalahan ejaan. Kesalahan ejaan meliputi, 23% pemakaian huruf kapital dengan jumlah kesalahan 135, 1,5% pemakaian huruf miring dengan jumlah kesalahan 9, 20% penulisan kata dengan jumlah kesalahan 120, 54% pemakaian tanda baca dengan jumlah kesalahan 318 dan 0,34% kesalahan penulisan unsur serapan dengan jumlah kesalahan 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesalahan ejaan masih terjadi cukup banyak terutama dalam penulisan tanda baca. Oleh karena itu, penelitimemberikan saran kepada guru bahasa Indonesia dan peneliti lain, yakni agar gurubahasa Indonesia dapat memberikan lebih banyak latihan menulis, agar siswa lebihmemahami mengenai penggunaan ejaan. Hasil penelitian ini, diharapkan memberikan inspirasi bagi peneliti selanjutnya apabila memiliki keterkaitan dengan kesalahan ejaan dan fokus yang berbeda. Dengan demikian, hasil penelitiannya dapat memperkuat penelitian ini. Kata kunci: Analisis, ejaan, teks anekdot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Sep 2021 02:53 |
Last Modified: | 18 Sep 2021 02:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52592 |
Actions (login required)
View Item |