WINDY NOVIANA, 165060168 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Lain-lain thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
File Cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
File BAB 1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
File BAB 2.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang hubungan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran, guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang membuat kurangnya partisipasi aktif siswa. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik, menurunnya minat belajar siswa dan banyak nilai siswa yang dibawah KBM (Ketuntasan Belajar Minimum). Perlunya peran guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan masalah dengan tujuan untuk mengetahui konsep model inkuiri terbimbing. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghumpulkan buku dan jurnal yang terkait untuk dibaca dan dikaji. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan teori dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul yang diajukan. Pembelajaran inkuiri terbimbing menekankan siswa untuk belajar secara mandiri, aktif dan berpikir kritis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Penggunakan model inkuiri terbimbing secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan pada pelaksanaannya siswa ditekankan untuk berpikir kritis. Siswa akhirnya mampu menemukan sendiri konsep materi yang dipelajari melalui kegiatan inkuiri yang menyebabkan pembelajaran lebih bermakna, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya teori dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung terkait model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Lain-lain) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 06:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52507 |
Actions (login required)
View Item |