PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS OPERASI TERHADAP KUALITAS JASA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KOPERASI (Survey pada Koperasi Kredit Provinsi Jawa Barat)

INDRA, NPM : 199010067 (2021) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS OPERASI TERHADAP KUALITAS JASA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KOPERASI (Survey pada Koperasi Kredit Provinsi Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Indra.docx

Download (342kB)

Abstract

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS OPERASI TERHADAP KUALITAS JASA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KOPERASI Adapun tujuan penelitian bagaimana gambaran komitmen organisasi, kompetensi pegawai, fasilitas operasi, kualitas jasa layanan simpan pinjam dan kinerja usaha Koperasi kredit serta Sejauhmana pengaruh Komitmen Organisasi, Kompetensi Pegawai, dan fasilitasi operasi terhadap kualitas jasa layanan simpan pinjam yang diberikan kepada anggota sebagai pelanggan Koperasi Kredit, baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang Perkoperasian, Manajemen Koperasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Usaha Koperasi Kredit, dan kualitas jasa (Service Quality) simpan pinjam dan kinerja usaha koperasi kredit. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji adanya hubungan dan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Alasan utama mengapa penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis kuantitatif adalah sesuai dengan tujuan utama dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan tanggapan atau persepsi responden atas kinerja kualitas jasa berbasis komitmen organisasi, kompetensi pegawai, dan fasilitas operasi serta dampaknya terhadap kinerja usaha koperasi.diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : a.Koperasi kredit di Jawa Barat memiliki komitmen organisasi yang tinggi, hal ini ditunjukkan oleh komitmen afektif, komitmen rasional dan komitmen normatif koperasi kredit yang sangat tinggi. Unsur yang menonjol dari komitmen organisasi ini adalah bahwa koperasi kredit di Jawa Barat memiliki integrasi vertikal yang sangat massif, dan telah berhasil menciptakan komitmen organisasi yang sangat baik dan mengakar serta dijadikan acuan pelaksanaan kegiatan organisasi dan usaha koperasi kredit. b.Pengaruh Total Kualitas Jasa terhadap Kinerja Koperasi Kredit sebesar 70,20 persen, dan berdasarkan struktur penelitian pengaruh ini hanya bersifat langsung. Hal ini mengandung makna bahwa kinerja usaha koperasi dipengaruhi secara langsung oleh kualitas jasa layanan yang diberikan oleh koperasi kredit, namun demikian hasil penelitian menunjukkan terdapat sebesar 29,80 persen faktor lain yang tidak diteliti dan mempengaruhi kinerja koperasi, diantaranya adalah manfaat koperasi bagi anggota, baik berupa manfaat langsung maupun tidak langsung, kontribusi koperasi pada pembangunan ekonomi wilayah kerjanya serta dampak keberadaan koperasi terhadap peningkatan kesejahteraan anggota yang diukur berdasarkan indikator pada Indeks pembangunan manusia (IPM). Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Kompetensi Pegawai, Fasilitas, Operasi, Kualitas Jasa dan Kinerja Koperasi

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:42
Last Modified: 13 Aug 2021 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52403

Actions (login required)

View Item View Item