PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, KOMISARIS INDEPENDEN, EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PEMILIHAN AUDITOR EKSTERNAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN AUDITED (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2015-2019)

Muhamad Ichsan Rauf, NPM. 188110003 (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN ASING, KOMISARIS INDEPENDEN, EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PEMILIHAN AUDITOR EKSTERNAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN AUDITED (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2015-2019). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Muhamad Ichsan Rauf_MAKSI copy.docx

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kepemilikan asing, komisaris independent, efektivitas komite audit, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pemilihan auditor eksternal dan dampaknya terhadap kualitas laporan keuangan audited. Analisis ini menggunakan variabel independent yaitu kepemilikan asing, komsaris independent, efektivitas komite audit, ukuran perusahaan dan leverage. Variabel interveningnya adalah pemilihan auditor eksternal dan variabel dependennya adalah kualitas laporan keuangan audited. Sampel penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2019. Sampel yang diambil dengan metode non probability – purposive judgement sampling. Total sampel sebanyak 140 pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, uji asumsi klasik dan analisis koefisien determinasi. Pengujian hipotesis ini melalui uji F untuk simultan dan uji t untuk parsial. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kepemilikan asing dan komisaris independent tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan auditor eksternal, sedangkan efektivitas komite audit, ukuran perusahaan dan leverage berpangaruh signifikan terhadap pemilihan auditor eksternal dan pemilihan auditor eksternal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan audited. Kata kunci: kepemilikan asing, komisaris independent, efektivitas komite audit, ukuran perusahaan, leverage, pemilihan auditor eksternal dan kualitas laporan keuangan audited.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Akuntansi 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Jul 2021 04:42
Last Modified: 26 Jul 2021 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52231

Actions (login required)

View Item View Item