PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN KREDIT, INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012 - 2019

ALIA DINDA LESTARI, NPM : 198020025 (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN KREDIT, INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK BRUTO TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012 - 2019. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel (jurnal) Alia Dinda Lestari 198020025_Mars_copy.docx

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kinerja bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengertahui kondisi ukuran perusahaan, pertumbuhan kredit, inflasi dan produk domestik bruto serta menguji pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan kredit, inflasi dan produk domestik bruto terhadap kinerja bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna untuk meningkatkan kinerja perbankan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan sampel yaitu bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2019. Teknik analisis dalam meliputi pemilihan metode analisis regresi, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan kondisi ukuran perusahaan meningkat setiap tahunnya, pertumbuhan kredit mengalami penurunan, inflasi mengalami penurunan dan produk domestik bruto mengalami penurunan. Berdasarkan uji F ukuran perusahaan, pertumbuhan kredir, inflasi dan produk domestik bruto secara simultan berpengaruh terhadap kinerja bank. Berdasarakan uji t, ukuran perusahaan dan produk domestik bruto tidak berpengaruh terhadap kinerja bank, sedangkan pertumbuhan kredit dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja bank. Berdasarkan uji determinasi parsial, pertumbuhan kredit menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja bank. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Kredit, Inflasi, Produk Domestik Bruto, Kinerja Bank.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:45
Last Modified: 16 Jul 2021 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52227

Actions (login required)

View Item View Item