Ferdianti, Noviani (2021) ANALISIS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik kurang antusias, kurang termotivasi, dan kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu media yang menarik perhatian peneliti untuk dianalisis yaitu komik. Sebab, banyak keunggulan dan keunikan dari komik yang memiliki nilai positif dan dapat dijadikan sebagai media belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai penggunaan komik sebagai media belajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji berbagai literatur seperti buku, majalah, jurnal dan artikel ilmiah mengenai bahasan yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian kepustakaan (library research) ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan komik sebagai media belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas tinggi dan kelas rendah melalui berbagai jurnal yang diteliti. Hal tersebut menyebutkan bahwa sebagian besar hasil belajar peserta didik meningkat dan secara signifikan berada pada kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik melalui penggunaan komik sebagai media belajar memiliki pengaruh yang positif. Kata Kunci: Media belajar, Hasil belajar, Komik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 02:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 02:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51822 |
Actions (login required)
View Item |