ANALISIS PENGARUH COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP SISTEM DISTRIBUSI LPG 3KG (Studi Kasus pada Kecamatan Cisitu dan Wado Kab. Sumedang)

Ismet Rohimat, Sutarman, Agus Purnomo, NPM. 128312006 (2016) ANALISIS PENGARUH COSTUMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP SISTEM DISTRIBUSI LPG 3KG (Studi Kasus pada Kecamatan Cisitu dan Wado Kab. Sumedang). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (177kB)

Abstract

Menjaga hubungan jangka panjang antara produsen dan distributor, diperlukan pendekatan dalam pengelolaan jaringan distribusi. Customer Relationship Marketing sebagai pendekatan strategik, berperan menentukan atas sukses dan tidaknya produk (barang dan jasa) di pasar tujuan. Seperti halnya dalam pendistribusian LPG 3 kg yang merupakan rangkaian mata rantai penghubung antara produsen dan konsumen dalam menyalurkan LPG 3 kg agar sampai ke tangan konsumen secara efektif dan efisien serta mudah dijangkau. Dalam sistem pendistribusian untuk LPG 3 kg perlu dilakukan penataan yang baik terhadap komponen-komponen yang menjadi bagian dari rantai suplai LPG (SPBBE, penyalur, sub penyalur), termasuk sistem informasi yang tepat guna. Berdasarkan hasil penelitian pada dimensi Customer Relationship Marketing yaitu Sub Variabel Contact, Affinity, rewards, extra value, service (sebagai variabel dependent) aktifitas CRM yang selama ini dilaksanakan dipandang dalam kategori baik, ketergantungan konsumen akan keberadaan produk dan merekomendasikan kepada pihak lain untuk menggunakan LPG 3 kg , manfaat dari operasi pasar dapat mempertahankan kesesuaian harga, keamanan produk, kemudahan layanan dan sangsi. Pada variabel dependen yaitu distribusi adalah layanan pemesanan, pengiriman cukup cepat merespon sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Agen atau toko yang selalu menyediakan informasi mengenai syarat pemesanan atau pembelian LPG 3 kg. Tetapi gas LPG 3 kg yang dipesan konsumen meyakini bahwa tidak selalu tersedia di agen atau toko. Dan ini merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh penjual LPG 3 Kg. Segel tabung yang tersedia dalam kondisi baik tetapi kondisi tabung yang dikirim pada konsumen kurang baik. Keamanan dalam penggunaan LPG tentunya menjadi faktor utama selain faktor efesiensi dan kemudahan, dan kondisi tabung yang baik akan menjadi salah satu indikator bahwa penggunaannya akan menjadi lebih aman. Untuk mempertahankan hubungan baik tersebut perlu dilakukan mekanisme kontrol bagi terciptanya hubungan yang baik antar perusahaan pada saluran distribusi LPG 3 kg maupun dengan konsumen. Hubungan ini sangat penting dalam pengembangan pengertian tentang bagaimana bisnis membangun dan memelihara hubungan pertukaran. Kata kunci: sistem distribusi, customer value, tepat sasaran, customer relationship marketing, mekanisme kontrol

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Jun 2016 03:13
Last Modified: 01 Oct 2016 14:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item