PENGARUH STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA DAN PENGELOLAAN TERHADAP UPAYA PENINGKATAN DANA NASABAH DI BANK BJB SYARIAH (STUDI KASUS DI BJB SYARIAH KCP SOREANG)

Mohamad Toupik Priangga, NPM : 178020121 (2021) PENGARUH STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA DAN PENGELOLAAN TERHADAP UPAYA PENINGKATAN DANA NASABAH DI BANK BJB SYARIAH (STUDI KASUS DI BJB SYARIAH KCP SOREANG). UNSPECIFIED thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Mohamad Toupik Priangga.docx

Download (219kB)

Abstract

Hadirnya kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 dikhawatirkan akan menjadi ancaman karena pasar potensial domestik akan diambil oleh pesaing dari negara lain. Bank Umum Syariah di Indonesia dituntut meningkatkan performa bisnis dan mempertahankan stabilitas sistem perbankan dengan cara meningkatkan profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui operasional bank, alat dan cara pemerintah dalam melaksanakan kebijakan moneter dan produktifitas dana dalam Bank BJB Syariah KCP Soreang khususnya Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun 2015-2017 khususnya BUMD seperti Bank jabar banten syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan memakai data sekunder grand theory model kualitas strategi dalam penelitian ini. Penelitian ini ditetapkan 5 tahun dari periode 2017 – 2019. Bank BJB Syariah KCP Soreang. Data untuk variabel modal, likuiditas dan bank size diperoleh dari 220 data laporan keuangan triwulan 11 Bank Umum Syariah. Sedangkan data untuk variabel inflasi dan pertumbuhan ekonomi diambil dari data triwulan Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik Indonesia. Validasi data penelitian ini diverifikasi dengan dipublikasikannya data tersebut dalam website masing-masing Bank Umum Syariah, website Bank Indonesia dan website Badan Pusat Statistik Indonesia. Analisis regresi data panel Generalized Least Square (GLS) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia pada 2017 - 2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Implementasi Strategi Penghimpunan Dana dalam Upaya Peningkatan Dana Nasabah pada Bank BJB Syariah KCP Soreang, (2) Implementasi Strategi Pengelolaan Dana dalam Upaya Peningkatan Dana Nasabah pada Bank BJB Syariah KCP Soreang, (3) Implementasi Strategi Penghimpunan Dana dan Pengelolaan Dana dalam Upaya Peningkatan Dana Nasabah pada Bank BJB Syariah KCP Soreang. Implementasi strategi pengelolaan dana di Bank BJB Syariah KCP Soreang dilakukan melalui perencanaan yaitu pencarian akan kebutuhan dana, pelaksanaan yaitu pencarian sumber dana dan pengendalian. Membantu strategi manajemen di Bank BJB Syariah KCP Soreang agar lebih baik dan meningkatkan kinerja para pegawai dan nasabah. Kata kunci: Bank Size, Inflasi, Modal, Likuiditas, Pertumbuhan Ekonomi Profitabilita

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:07
Last Modified: 21 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51680

Actions (login required)

View Item View Item