Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 18 Bandung

Ikke Tria Noviani, 165020054 (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 18 Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (Bahasa Inggris).pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 18 Bandung (Survey Pada Siswa Kelas X IPS di SMAN 18 Bandung)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 18 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan populasi sampel kelas X IPS di SMAN 18 Bandung yang berjumlah 137 orang siswa, dengan menyebarkan angket kepada 102 orang siswa sesuai perhitungan sampel. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriftif, analisis verifikatif, analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian pada analisis deskriftif diperoleh rekapitulasi rata-rata skor jumlah dan persentase jawaban mengenai metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebesar 3,79 dengan persentase 57,06% yang berada pada kriteria/kategori “Baik”. Sedangkan rekapitulasi rata-rata skor jumlah dan persentase jawaban mengenai minat belajar siswa sebesar 3,84 dengan persentase 58,17% yang berada pada kriteria/kategori “Baik”. Berdasarkan analisis verifikatif diperoleh coefficients regresi linear sederhana (Y = 14, 657 + 0.554X) yang berarti besarnya minat belajar siswa apabila tidak dipengaruhi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebesar 14, 657 satuan, dan apabila variabel metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dipersepsikan baik oleh siswa, minat belajar siswa akan meningkat sebesar 0.554 satuan. Dengan begitu pengaruh yang diberikan oleh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) variabel (X) sebesar 47,4% terhadap minat belajar siswa variabel (Y). Sedangkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap naik turunnya minat belajar siswa adalah 47,4% dan sisanya sebesar 52,6% merupakan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kesimpulan pada penelitian ini dapat diterima dengan baik, sebagai akhir pada penelitian ini, penulis menyampaikan saran mengevaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran agar siswa SMA Negeri 18 Bandung menjadi lebih minat dalam belajar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL dan Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:48
Last Modified: 20 Apr 2021 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51678

Actions (login required)

View Item View Item