Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Shefira Ghaida, NPM. 188060016 (2021) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Shefira Ghaida 188060016 MPM 18.docx

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan memperhatikan tingkat habit of mind siswa melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design dan menggunakan desain factorial 3 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe 2020/2021. Sampel yang digunakan 2 kelas, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis, skala sikap habit of mind, observasi dan wawancara. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rerata adalah uji-t, anova dua jalur dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh implementasi pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking dan pendekatan konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 2) tidak terdapat perbedaan pengaruh tingkat habit of mind terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan tingkat habit of mind terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 4) tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat habit of mind. Kata kunci: habit of mind, kemampuan pemahaman matematis, pendekatan Rigorous Mathematical Thinking

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:03
Last Modified: 20 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51675

Actions (login required)

View Item View Item