Eneng Nurhasanah, NPM. 188060061 (2021) STUDI META ANALISIS PENGARUH INTERVENSI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel_MetaAnalisis_EnengNurhasanah.docx Download (317kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh intervensi pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap 30 artikel hasil penelitian ilmiah yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah dalam bentuk pengkodean (coding). Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Comprehensive Meta-Analysis V3. Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh penerapan intervensi pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis siswa memperoleh kategori efek tinggi. Selain itu, effect size penerapan intervensi pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan karakteristik pendekatan pembelajaran lebih efektif digunakan melalui pendekatan Entrepreneurial Pedagogy. Berdasarkan model pembelajaran lebih efektif menggunakan model pembelajaran kontekstual, sedangkan berdasarkan media pembelajaran Adobe Flash dan Edmodo adalah media yang lebih efektif digunakan. Selain itu, berdasarkan jenjang pendidikan lebih efektif digunakan pada jenjang SMA/SMK. Berdasarkan ukuran sampel kelas eksperimen, didapatkan ukuran sampel ≤ 30 lebih efektif dibanding ukuran sampel >30. Temuan lain bahwa penelitian yang dilakukan pada rentang tahun 2016-2020 lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dibandingkan pada rentang tahun 2011-2015. Kata Kunci: Effect Size, Intervensi Pembelajaran, Literasi Matematis, Meta-Analisis.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 03:26 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51673 |
Actions (login required)
View Item |